Seringkali kita ketahui Banyak Perusahaan Baru yang Muncul, Kurang Memahami arti dari Identitas Suatu Perusahaan, Saat mereka memulai memikirkan iklan atau nama hingga logo, Mereka Hanya datang dan Memberikan Keterangan Nama Usaha tanpa Menjabarkan Konsep hingga Detail Usahanya Bergerak dibidang apa.

Apakah Perlu Dijelaskan Detail Perusahaan Untuk Pembuatan Bahan Iklan?!
Apakah Perlu Diberikan Gambaran untuk Pembuatan Logo Hingga Pemilihan Warna?!

Seringkali Para Settinger (Bukan Designer) Menuruti apa kemauan Konsumenya, Namun Mereka tidak pernah memberikan dasar, Karena Settinger Hanya Memikirkan kesenangan Konsumen, namun dibalik itu mereka lupa bahwa apa yang mereka setting atau gambarkan seringkali keluar dari jangkauan Usaha Tersebut, Contoh : Saat ada Konsumen Mempunyai Usaha Online Shop, Mereka Berjualan alat-alat IT/Technology/Gadget/ namun kebetulan si User/Konsumen Pecinta warna Pink atau Merah Muda, Menurut anda jika seperti itu pantaskah aplikasi warna merah muda diterapkan?! Terkecuali jika memang toko gadgetnya memang dikonsep dan diperuntukan untuk warna yang cocok untuk pecinta pink, wanita khususnya, juga menjual pernak pernik khusus pecinta warna pink!! (Semua Kembali ke Konsepnya)


Bisakah anda bayangkan jika Perusahaan Pertamina Menggunakan Warna yang asal-asalan untuk Perusahaan Sekelas itu?!! 
Oke Kita Tengok Pembuatan Logo Beserta Harganya.
Menengok Logo lama PT.PERTAMINA PERSERO

Sejarah dan Arti Logo Pertamina
Kita semua pasti familiar dengan BUMN Pertamina. Pertamina merupakan salah satu BUMN besar di Indonesia. Pertamina punya logo baru yang menarik. Logo sederhana dengan syarat makna. Sebelum menggunakan logo yang sekarang pertamina menggunakan logo lama bergambar sepasang kuda laut mengapit bintang kuning. Tak ketinggalan ornamen pita khas logo klasik berwarna kuning yang bertuliskan pertamina. Logo ini telah ada sejak tahun 1961 dan menjadi corporate logo dari pertamina. Pada tahun 2006 logo lama ini diubah. Logo awal diganti dengan logo baru, tiga buah bentuk kubisme membentuk huruf P. Dalam pembuatan logo baru itu Pertamina mengeluarkan US$ 225.000 untuk 30 aplikasi. Mulai desain logo kantor pusat, surat, map, kartu nama, stasiun pengisian bahan bakar, hingga truk pengangkut bensin.

Logo dibuat oleh Landor, perusahaan bertempat di San Francisco, Amerika. Landor sudah berpengalaman 60 tahun lebih. Perusahaan ini juga mengubah beberapa logo perusahaan dalam negeri, seperti BNI dan Indosat. Harga logo baru pertamina ini mencapai 350.000 US$ atau sekitar 3,5 miliayar rupiah. Berikut ini file logo pertamina lama dan baru yang bisa di dowload berikut makna dari logo pertamina tersebut.


bintang berwarna kuning : menggambarkan kekuatan guna mencapai tujuan nasional
kuda laut : melambangkan fosil yang mempunyai nilai ekonomis yang tingggi
pita bertuliskan pertamina : melambangkan identitas corporate


Waah Gambar Logo diatas ternyata Penuh Makna, dan berharga fantastis, Coba Kita Beralih Ke Logo yang baru, Logo yang selalu kita lihat ketika kita mengisi Bahan Bakar Minyak di daerah kita.

Sejarah dan Arti Logo Pertamina


Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan

representasi bentuk panah : menggambarkan Pertamina yang bergerak maju dan progresif
warna-warna mencolok : menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis
warna merah : mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.
warna hijau : mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan
warna biru : mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab

Sejarahnya :
Pada tahun 1945, Jepang, dengan disaksikan pihak Sekutu, menyerahkan Tambang Minyak Sumatera Utara kepada Indonesia. Daerah perminyakan ini adalah bekas daerah konsesi BPM sebelum Perang Dunia Kedua. Pada masa revolusi fisik, tambang minyak ini hancur total. Lapangan-lapangan minyak di daerah lain di Indonesia dapat dikuasai kembali oleh Belanda dan pihak asing berdasarkan hak konsesi, namun lapangan minyak di Sumatera Utara dan Aceh dapat dipertahankan bangsa Indonesia.
Semenjak kedaulatan Republik Indonesia diakui pada Desember 1949, hingga akhir 1953 Pemerintah masih ragu apakah akan mengembalikan Tambang Minyak Sumatera Utara kepada BPM atau dikuasai sendiri. Penunjukkan ‘koordinator’ untuk pertambangan oleh Menteri Perekonomian pada tahun 1954 belum membawa perbaikan.
Pada bulan Oktober 1957, Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada waktu itu Jenderal A.H. Nasution menunjuk Kolonel Dr. Ibnu Sutowo untuk membentuk Perusahaan Minyak yang berstatus hukum Perseroan Terbatas. Pada tanggal 10 Desember 1957 didirikan P.T. Pertambangan Minyak Nasional Indonesia (P.T. PERMINA) dengan Kol.Dr. Ibnu Sutowo sebagai Presiden Direktur.


Sungguh istimewa Filosofi Logo Pertamina, Pernahkah anda tahu Bahwa Logo sesimple itu meraih penghargaan 10 Logo Termahal didunia?!! Tahukah anda bahwa Logo sesimple itu Berharga 350.000 $ atau setara dengan Rp.5.250.000.000,- Ngebayanginya aja udah berbinar binar ni mata dengan angka enol dibelakang yang sangat banyak, Bisa Corel/Adobe Ilustrator?! Pasti Gampang cara membuat logo Tersebut, Namun Mengapa Logo Pertamina ini dijual dengan harga yang Fantastis?!!

Taukah kamu?! Jika Gambar sesimple diatas (Logo Pertamina) yang mahal adalah filosofinya?! Pengaplikasian Sejarah, Hingga Detail Perusahaan Mencakup 1 Definisi yang bisa diartikan semua pada Logo tersebut.Waah..!!  Ternyata enak juga ya jadi desainer??!! ketimbang Settinger!! 

Yuuk Mulai beralih Menjadi Desainer, dikota kita Tulungagung Membutuhkan seorang Desainer yang benar-benar desainer, bukan sekedar bisa menjadi settinger alias penggerak program aplikasi yang telah tersedia..!!
Bagaimana caranya??!!

Pahami Arti Identitas Perusahaan atau Corporate Identity, Corporate Identity merupakan identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dan bisa juga berfungsi sebagai penanaman citra atau image yang bisa menjadikan sebagai daya tarik. Identitas perusahaan berdasarkan filosofi organisasi terwujud dalam budaya perusahaan yang berbeda. Identitas mencerminkan kepribadian sebuah perusahaan dan dari sinilah branding perusahaan tercipta.



Corporate Identity dalam suatu perusahaaan, berperan dalam menjawab pertanyaan seperti “siapa kita?” dalam arti dimata klien atau konsumen. Disini perusahaan menunjukkan rasa kebersamaan atau hubungannya kepada klien atau konsumen.
Gambar diambil dari Situs Blog Tetangga
Menentukan arah, design, nyawa dari sebuah korporasi tidaklah mudah. Penentuan arah dimulai dari tujuan didirikannya perusahaan atau bisnis, bidang industri yang dipilih, serta market yang dituju, perusahaan juga harus memiliki arah kreasi Corporate Identity yang berhubungan dengan branding perusahaannya. Menjalankan bisnis berkembang dan produktif dalam bukan tentang menjadi beruntung. Tapi tentang bagaimana membuat pilihan yang akan mempengaruhi orang dan meningkatkan pendapatan. Sebuah identitas bisnis melakukan hal ini dengan meningkatkan daya tarik pasar untuk produk atau jasa bisnis.
Logo, merupakan identitas yang paling utama selain dari slogan, lagu dll. Hanya dengan melihat logo salah satu bisnis, kita bisa langsung mengenal organisasi bisnis tersebut dan mengetahui reputasinya.

Pembuatan logo tampak seperti sederhana, namun tahukah anda seberapa keras team desainer logo yang mempersiapkan sebuah logo untuk pelanggannya? Sebuah tim desainer corporate identity ketika tahap awal melakukan riset, tahap berikutnya melakukan penggalian ide utama serta visualisasi ide tersebut. Langkah berikutnya mendesain sedemikian rupa sehingga didapat visual yang baik serta (mungkin) beberapa alternatif ide. Begitu panjangnya langkah tersebut hingga didapat identitas yang tepat untuk brand perusahaan tersebut. Oleh karena itu wajar bila biaya design corporate identity cukup mahal (sebenarnya tidak, karena sebanding dengan output yang dihasilkan).

Corporate Identity terdiri dari tiga bagian yang digunakan dalam bermacam cakupan:
  1. Corporate Visual (logo, dan uniform)
  2. Corporate Communication (iklan, public relations, dan informasi)
  3. Corporate Behavior (nilai-nilai internal, dan norma-norma)
Corporate Identity menjadikan Branding lebih kuat karena kita lihat branding menunjukan karakter suatu identitas dimana logo, iklan dan behavior mempunyai peranan dalam menggambrkan atau melukiskan sebuah perubahan. Sehingga Corporate identity menjadi penting dalam menyampaikan nyawa dari perusahaan itu sendiri.
Nah Sekilas Tetang Corporate Identity sudah bisa dipahami Bukan, Lantas bagaimana menerapkanya kepada khalayak umum, ke konsumen kita utamanya, Yaps... Semua Perlu Proses.... Kita juga tidak bisa serta merta menerapkan idealis seorang desainer/pecinta seni, namun kita harus tahu semua ada dasarnya, bukan atas dasar keinginan kita namun atas dasar keilmuan yang telah dipelajari pada waktu sekolah desain.
Mulai dari satu titik, menjadi garis, dari garis hingga menjadi bentuk, dari bentuk menjadi lekuk, dan seterusnya hingga penerapan warna dan penataan, sehingga menjadi satu tampilan desain yang harmonis, bisa bagus dilihat pandangan, Okeey, Semoga Artikel tentang Corporate Identity dan Ulasanya bisa menjadikan Semangat untuk kalian yang belajar desain dan saat ini menjadi settinger atau penjalan program desain.
Sampai Ketemu di artikel Berikutnya yang akan membahas Filosofi Warna.